Menurunkan Perilaku Maladaptif Dengan Metode EASE

Perilaku maladaptif sering kita temui pada anak-anak dengan Autism Spectrum Disorder (ASD). Bentuk perilaku maladaptif ini bermacam-macam. Ada yang tantrum, perilaku agresif, masalah tidur, dan membangkang (Konst dkk, 2013).

Samson dkk (2015) menyatakan bahwa dibandingkan dengan anak lain yang memiliki pola perkembangan tipikal, anak dengan ASD lebih sedikit menggunakan cognitive reappraisal. Kondisi ini diasosiasikan dengan meningkatnya pengalaman emosi negatif, yang pada gilirannya akan terkait dengan tingkat perilaku maladaptif yang lebih besar.

Cognitive reappraisal dapat diartikan sebagai usaha untuk mereinterpretasi situasi yang menimbulkan emosi sehingga mengubah makna situasi tersebut dan mengubah pengaruh emosional yang ditimbulkan (Lazarus and Alfert, 1964Gross and John, 2003). Contoh pernyataan yang menggambarkan cognitive reappraisal: Saya mengontrol emosi saya dengan cara mengubah pandangan saya tentang situasi yang melibatkan saya.

Dalam menurunkan perilaku maladaptif anak, meningkatkan regulasi diri pada anak sangatlah perlu. Menurut Mazefsky, dkk (2018) terdapat sebuah metode intervensi yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan regulasi diri pada individu dengan ASD. Penelitian tentang metode ini dilakukan pada partisipan dengan ASD yang memiliki IQ > 80. Hasilnya terdapat peningkatan regulasi diri partisipan yang menggunakan metode ini (Conner dkk, 2018).

Ketika regulasi diri anak bagus, maka anak cenderung memiliki pengalaman emosi yang positif, dan akan mengurangi kemungkinan perilaku maladaptif (Samson dkk, 2015).

Metode EASE (Emotional Awareness and Skills Enhancement) terdiri dari 16 sesi mingguan yang dilakukan secara individu, melalui latihan Mindfulness (Conner dkk, 2018). Selain itu terdapat beberapa aktivitas yang mengiringinya seperti meninjau masalah sebelumnya, kemampuan sebelumnya, membahas tentang keterampilan baru dan lain sebagainya.

Referensi:

Konst, Matthew & Matson, Johnny & Turygin, Nicole. (2013). Exploration of the correlation between autism spectrum disorder symptomology and tantrum behaviors. Research in Autism Spectrum Disorders. 7. 1068–1074. 10.1016/j.rasd.2013.05.006.

Samson, Andrea & Hardan, Antonio & Lee, Ihno & Phillips, Jennifer & Gross, James. (2015). Maladaptive Behavior in Autism Spectrum Disorder: The Role of Emotion Experience and Emotion Regulation. Journal of autism and developmental disorders. 45. 10.1007/s10803-015-2388-7.

Mazefsky C.A., White S.W., Conner C.M. (2018) The Emotion Awareness and Skills Enhancement (EASE) Program. In: Volkmar F. (eds) Encyclopedia of Autism Spectrum Disorders. Springer, New York, NY

Conner, Caitlin & White, Susan & Beck, Kelly & Golt, Josh & Smith, Isaac & Mazefsky, Carla. (2018). Improving emotion regulation ability in autism: The Emotional Awareness and Skills Enhancement (EASE) program. Autism. 23. 136236131881070. 10.1177/1362361318810709.

image
image